Teks Prosedur Kelompok 4

Membuat Bunga dan Vas dari Barang Bekas
     Bunga dan vas merupakan kerajinan yang bisa dijadikan sebagai hiasan. Pada umumnya bunga banyak digemari oleh wanita. Tetapi, banyak juga kaum pria yang memakai bunga untuk menunjukkan perasaan. Belakangan, banyak ditemukan bunga yang sudah dimodifikasi dari barang bekas selain mengurangi sampah, produk ini juga menambah kreativitas. Tujuan dari membuat kerajinan adalah menjadikan sebagai hiasan rumah. Berikut adalah cara untuk membuat bunga dan vas dari barang bekas.



     




      Pertama-tama, siapkan bahan yang akan digunakan yaitu sedotan sebagai bunga. Kemudian siapkan kawat sebagai tangkai dan bunga tersebut dan juga siapkan kertas minyak berwarna hijau sebagai pelapis kawat. Lalu siapkan botol plastik bekas sebagai vas bunga tersebut. Agar lebih cantik berikan sedikit hiasan menggunakan cat akrilik. Jangan lupa untuk menyiapkan alatnya itu gunting untuk memotong sedotan dan kawat, kuas untuk menghias botol bekas sebagai pas bunga, dan juga lem untuk meningkatkan kertas minyak pada kawat. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat bunga :





       
     Pertama, potong sedotan menjadi 4 bagian sama panjang. Gunting lah setiap potongan sedotan tersebut hingga pola meruncing buka potongan tadi dan lipat memajang di tengah, lalu lipat memanjang lagi di samping lipatan tadi, sehingga ada 3 lipatan setiap kelopak.

   




   


     Selanjutnya, dalam keadaan dilipat masukkan kawat ke setiap kelopak kawat tersebut akan menjelujur setiap lipatan dalam satu kelopak. Setelah sekiranya cukup untuk membuat satu tangkai bunga, kerutkan/kencangkan kawat sehingga setiap helai nya merapat. Sebarkan posisi kelopak tersebut ke atas dan ke bawah.




     


     Kemudian ikat kawat tersebut dan kencang kan sehingga menjadi satu ikatan lingkaran. Kunci dan putar kawat tersebut. Sementara itu, kawat yang tersisa dililitkan hingga menjadi tangkai dari bunga. Gunting kertas minyak dalam keadaan memanjang untuk melapisi tangkai kawat bunga. Berikan lem pada kertas minyak dan tempelkan pada kawat hingga menutupi satu tangkai.

   



     Selanjutnya adalah langkah-langkah membuat vas. Pertama siapkan botol bekas dan cat yang digunakan sebagai vas bunga. Lepaskan label pada botol bekas. Setelah itu, buka tutup botol. Bersihkan bagian luar botol menggunakan web kering agar dapat dicat.
   
   


    Selanjutnya, cat semua bagian botol dengan cat dasar berwarna. Cat dasar berwarna digunakan dalam menghias foto agar botol menjadi menarik dan warnanya melekat. Yang perlu diperhatikan dalam mengecat adalah ketebalan dan arah mengecat nya. Ketebalan dan arah warna cat sangat berperan penting karena akan menambah nilai vas.

   




    Lalu masukkan batu-batu kecil/pasir ke dalam vas. Batu-batu kecil/pasir digunakan untuk memperkuat vas agar tidak jatuh.
     Kita bisa meletakkan vas dan bunga tersebut di meja sebagai penghias ruangan. Dengan begitu, ruangan akan terlihat lebih indah. Itulah cara membuat bunga teratai dari sedotan dan vas bungadari botol plastik yang keduanya merupakan barang bekas.





Disusun oleh :
Kelompok 4
Haifa Agis Karmila
Inaya Amalia P
Nadya Ruthmaida
Sari Naomi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks Prosedur Kelompok 8