Teks prosedur


                                                                                                    
kelompok 2
Disusun oleh
Rizka utami
Nazmi komariyah
Shinta puspita
Ismi baidar aldila

Xi mipa 3

SMA negri 1 kota sersng
Tahun ajaran 2019/2020



Cara membuat kerajinan tempat tissue

     Tissue merupakan sejenis kertas krep ringan yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Tissue termasuk dalam kebutuhan hidup sehari-hari. Tissue juga  mempunyai peran sangat penting bagi orang sakit, contohnya orang-orang yang sedang terkena pilek atau flu. Tissue juga mudah dibawa kemana-mana, lebih praktis, lebih murah dan mudah ditemui dimana-mana. Pada saat ini yang menjadi masalah yang berdampak besar terhadap lingkungan di sekitar kita adalah sampah, kebanyakan masyarakat kebingungan untuk membuang sampah apa lagi dikota-kota besar, membuang sampah saja membutuhkan uang, disini penulis sebagai pelajar yang kreatif ingin mengurangi  pencemaran sampah yang ada disekitar kita.
      Kotak tissue dari kertas ini merupakan salah satu pemanfaatan bahan limbah yang sudah tidak terpakai agar dapat terpakai kembali sehingga menjadi lebih bermanfaat. Kotak tissue juga salah satu hasil karya seni pemanfaatan berupa barang bekas. Banyak tujuan dari pembuatan kotak tissue salah satunya yaitu meningkatkan kreatifitas dan juga memanfaatkan barang bekas agar dapat digunakan kembali. Pemanfaatan koran bekas sebagai bahan dasar pembuatan tempat tisu yang banyak  dimanfaatkan di kalangan masyarakat. Karena disini penulis dapat menciptakan barang yang berbahan dari koran bekas menjadi barang yang mempunyai nilai harga jual. Sehingga Koran-koran tersebut tidak terbuang begitu saja.
     Sebelum kita membuat kerajinan tempat tissue, tentu kita membutuhkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Alat dan bahan yang kita butuh antara lain seperti koran bekas, gunting, cutter, gunakan lem tembak atau lem kertas atau double tape agar memudahkan kita saat menggulung koran. Bisa juga menggunakan tusuk sate atau lidi, beri aksesoris atau menggunaka hiasan lain jika diingikan 

     Langkah pertama, siapkan koran 1 lembar, dan potong menjadi 4 atau 6 bagian yang sama panjang. Lalu, letakkan tusuk sate atau lidi pada ujung potongan koran yang sudah di potong tadi. Simpan di atas alas rata seperti meja atau lantai agar bisa tergulung dengan rapi. Gulung atau pilin koran seperti pensil sambal ditekan agar lipatan padat dan sama besar.


 
     Langkah kedua, setelah gulungan selesai tarik tusuk sate atau lidi dari gulungan tersebut dan lem pada ujung koran agar tidak terlepas dan tidak longgar. Buatlah beberapa gulungan koran sesuai dengan panjang dan lebar ukuran kardus yang akan dipakai. Kemudian, siapkan kardus sepatu. Lalu, itu lubangi kardus secara mamanjang tepat di bagian atas tengah untuk tempat keluar tissue.

     Langkah keempat, baluri atau olesi seluruh permukaan kardus dengan lem kecuali bagian bawah kardus. Tempelkan gulungan koran yang sudah dibuat satu per satu pada permukaan kardus hingga seluruh permukaan tertutup. pastikan semua sudah kuat, kerajinan dari koran bekas berbentuk kotak tissue siap digunakan.




          

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks Prosedur Kelompok 8