TEKS PROSEDUR




Disusun oleh :



Kelompok 5
Amanda Putri
Linda Tri W
Rifaa Rabbani
Wulan Sari Putri Yunistia







Kerajinan Bunga dari Koran

Bunga adalah tumbuhan yang banyak disukai orang. Orang menyukai bunga karena bentuknya yang bervariasi dan warnanya yang menarik. Oleh karena itu, dibuat kreativitas berupa kerajinan bunga dengan menggunakan barang bekas. Barang bekas yang dipakai adalah koran. Tujuan pembuatan bunga ini untuk memanfaatkan barang yang sudah tidak terpakai menjadi suatu kerajinan yang memiliki nilai estetik. Selain itu, bunga bisa dijadikan sebagai hiasan, baik dirumah maupun di kelas.



            Sebelum membuat kerajinan bunga dari koran, Anda harus menyiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu. Bahan – bahan yang dibutuhkan antara lain, koran,wadah bekas makanan, lem, doubletip, styrofoam, origami,pilox, hiasan batu dan lidi. Selain bahan, tentunya Anda juga harus menyiapkan alat untuk menunjang dalam pembuatan kerajinan. Alat yang digunakan yaitu gunting dan cutter. Setelah semua alat dan bahan disiapkan, Anda dapat memulai langkah-langkah untuk membuat kerajianan.
  


Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu membuat pola, Siapkan koran berukuran 15x15 cm, lalu lipat  menjadi segitiga sebanyak 3 lipatan. Gunting segitiga membentuk setengah hati.buatlah pola kelopak mawar . Potong setiap bagian koran yang telah dibentuk menjadi 7 potongan sisi, 6 potongan sisi, dan seterusnya sampai potongan terkecil. Setelah itu, lem dari ujung sisi ke ujung sisi lainnya hingga terbentuk seperti kelopak. Buat sebanyak-banyaknya karena satu bunga mawar membutuhkan 8 kelopak.
                  



            

            
       
Kedua, tusukkan kelopak pada lidi secara berurut dari kelopak terbesar sampai kelopak terkecil. Kemudian, lem ujung kelopak bagian dalam yang terbesar dengan ujung kelopak bagian luar yang lebih kecil hingga step terakhir. Satukan kelopak-kelopak  tersebut dan rapikan hingga menjadi satu bunga yang utuh. Lanjutkan langkah tersebut pada bunga yang akan dibuat berikutnya. Setelah selesai, bagian ujung lidi dilapisi koran untuk menutupi lidi agar lidi tidak terlihat dan lekukkan kelopak-kelopak bunga dengan menggunakan gunting agar kelopak bunga lebih terlihat lekukkannya.

   


                                            
                                     

Ketiga, lapisi lidi dengan origami berwarna coklat untuk dijadikan batang lalu berikan solatip pada bagian ujung batang dengan ujung kelopak bunga agar bunga menempel pada batang dan tidak jatuh.Setelah itu buat pot menggunakan wadah bekas. Gambar pola membentuk lingkaran sesuai wadah bekas sebanyak 4-5 potongan pada styrofoam kemudian potong. Tumpuk potongan styrofoam dan masukkan ke dalam wadah.

 
   

Keempat, pilox kelopak bunga dan pot. Warnai bunga dengan pilox berwarna merah dan pot dengan pilox berwarna putih. Kemudian tunggu hingga kering ±30 menit.Setelah kering,tancapkan bunga pada pot. Terakhir, ,hias pot menggunakan hiasan batu warna-warni. Kerajinan bunga dari koran dapat digunakan sebagai hiasan ruangan.

 

       


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks Prosedur Kelompok 8